IPA BAB 4 : ORGAN PENCERNAAN TAMBAHAN [ STRUKTUR DAN FUNGSI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA ]

Hati

Hati

Hati adalah organ dalam tubuh yang terbesar. Hati melakukan fungsi penting dalam banyak proses, termasuk metabolisme, detoksifikasi, pencernaan dan kekebalan. Banyak penyakit hati merupakan asimtomatik – gejalanya mungkin ada atau mungkin tidak ada. Sering kali, gejala hanya muncul pada stadium lanjut. Jika dibiarkan tanpa diobati,  ini dapat berkembang menjadi gagal hati dan pada akhirnya, kematian.
Pankreas

Pankreas

Pankreas, yang terletak tepat di bawah hati, adalah kelenjar endokrin yang bertanggung jawab untuk membuat enzim pencernaan dan hormon penting, yang membantu mengurangi kadar gula dalam darah Anda. Pankreas sering terpengaruh oleh penyakit dalam hati dan ginjal, namun gejalanya sering kali sangat lambat ditunjukkan.

Kantung Empedu dan Saluran Empedu

Kantung Empedu dan Saluran Empedu

Hati memproduksi empedu untuk membantu dalam pencernaan. Empedu disimpan dalam kantung empedu dan diantarkan melalui saluran empedu ke dalam usus kecil. Penyumbatan dalam kantung empedu dan saluran empedu dapat menyebabkan peradangan dalam organ lainnya, seperti pankreas, dan menyebabkan kerusakan serius pada hati.
Penyakit kantung empedu dan saluran empedu, kelak dapat menyebabkan kerusakan serius, tetapi kerusakan ini juga dapat diobati secara efektif apabila terdiagnosis secara dini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

IPA BAB 6 :JANTUNG DAN PEREDARAN DARAH [ STRUKTUR DAN FUNGSI SISTEM PEREDARAN DARAH ]

IPA BAB 6 : DARAH [ STRUKTUR DAN FUNGSI SISTEM PEREDARAN DARAH ]

IPA BAB 5 : DAMPAK PENGGUNAAN ZAT ADIKTIF BAGI KESEHATAN [ ZAT ADIKTIF ]