IPA BAB 1 : GERAK ESINOM [ SISTEM GERAK TUMBUHAN ]

Gerak Esionom
Gerak esionom adalah gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi atau disebabkan oleh adanya rangsangan dari luar (lingkungan). Berdasrakan jenis rangsangannya, gerak esionom dibagi menjadi :


1. Gerak tropisme
Gerak tropisme didefenisikan sebagai gerak pada tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang yang menimbulkan gerak.

Gerak tropisme dibagi menjadi dua yaitu :
a. Tropisme positif = gerak tumbuhan mendekati arah rangsang. Contoh tumbuhan bunga matahari yang tumbuh selalu menghadap ke arah matahari.
b. Tropisme negatif = gerak tumbuhan menjauhi arah rangsang

Selain itu, berdasarkan jenis rangsangnya gerak tropisme dibagi menjadi :
a. Geotropisme (gravitropisme)
Adalah gerak pada organ tumbuhan yang menuju pusat bumi. Contohnya adalah arah gerakan akar tanaman yang selalu menuju pusat bumi.

b. Hidrotropisme
Adalah gerakan pada organ tumbuhan yang selalu menuju ke sumber air. Contohnya, akar selain tumbuh menuju pusat bumi, ia juga tumbu mencari sumber air. banyak kita lihat tanaman yang akarnya masuk ke dalam air karena melakukan gerakan hidrotropisme.

c. Tigmotropisme
Adalah gerak tropisme yang diakibatkan oleh rangsang berupa sentuhan dengan rambatannya, baik berupa benda mati (kayu) atau tubuhan lainnya. Contohnya adalah tanaman kacang panjang yang tumbuh merambat pada kayu yang berada di dekatnya.

d. Kemotropisme
Merupakan gerak tropisme yang rangsangannya berupa zat kimia. Contohnya adalah pada peristiwa penyerbukan. Penyerbukan merupakan peristiwa jatuhnya serbuk sari di kepala putik. Serbuk sari yang menempel pada putih akan berkecambah dan membentuk buluh serbuk yang akan membawa gamet jantan (spermatozoid) menuju gamet betina (sel telur).

Pergerakan buluh serbuk sari menuju sel telur disebabkan oleh pengaruh zat gula yang dikelaurakan oleh bakal buah. Zat gula ini merupakan bahan kimia.

e. Fototropisme (heliotropisme)
Fototropisme adalah gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya, misalnya cahaya matahari. Contohnya, jika kita letakkan tanaman di jendela, maka tanaman itu selalu tumbuh ke arah datangnya cahaya.

sumber : https://www.avkimia.com/2017/07/materi-ipa-kelas-8-gerak-pada-tumbuhan.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IPA BAB 6 :JANTUNG DAN PEREDARAN DARAH [ STRUKTUR DAN FUNGSI SISTEM PEREDARAN DARAH ]

IPA BAB 6 : DARAH [ STRUKTUR DAN FUNGSI SISTEM PEREDARAN DARAH ]

IPA BAB 5 : DAMPAK PENGGUNAAN ZAT ADIKTIF BAGI KESEHATAN [ ZAT ADIKTIF ]