IPA BAB 4 : MAG / GASTRITIS [ GANGGUAN SISTEM PENCERNAAN DAN UPAYA UNTUK MENCEGAHNYA ]

Pengertian 

Gastritis adalah penyakit pencernaan yang juga bisa disebut radang lambung. Gastritis terjadi ketika lapisan dinding (mukosa) lambung meradang atau membengkak.

Upaya mencegah

1. Jangan merokok


Rokok mengandung nikotin yang bisa melemahkan saluran pencernaan. Merokok juga diketahui dapat menyebabkan refluks asam lambung, yang dapat semakin mengiritasi dinding lambung.
Selain rokok, alkohol dan coklat juga memiliki efek yang mirip dengan nikotin.

2. Menerapkan pola makan sehat


Menerapkan pola makan yang lebih sehat dapat membantu Anda meredakan gejalanya sekaligus mencegah radang lambung di kemudian hari

3. Kurangi berat badan


Orang yang kegemukan berisiko lebih tinggi mengalami radang lambung. Mengurangi berat badan 2-5 kg dapat membantu mencegah gastritis kambuh kembali.

4. Konsumsi obat pereda nyeri dengan pengawasan dokter


Obat antinyeri NSAID seperti ibuprofen, aspirin, naproxen seringkali disalahgunakan. Padahal penggunaan dalam jangka panjang yang sembarangan dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga Anda rentan mengalami radang lambung. Maka, gunakan obat antinyeri ini sesuai petunjuk dokter..

5. Ubah posisi tidur


Posisi tidur terbaik untuk mencegah radang lambung kambuh kembali adalah berbaring di sisi kiri, dengan menyangga kepala dan leher pakai bantal tebal. Posisi ini dapat menjaga cairan asam tetap berada di dasar lambung sehingga sulit untuk mengalir ke atas.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

IPA BAB 6 :JANTUNG DAN PEREDARAN DARAH [ STRUKTUR DAN FUNGSI SISTEM PEREDARAN DARAH ]

IPA BAB 6 : DARAH [ STRUKTUR DAN FUNGSI SISTEM PEREDARAN DARAH ]

IPA BAB 5 : DAMPAK PENGGUNAAN ZAT ADIKTIF BAGI KESEHATAN [ ZAT ADIKTIF ]